Apa Aja Sih Tips Menghadapi PAS? - Habibi Zaidan

Apa Aja Sih Tips Menghadapi PAS?

Apa Aja Sih Tips Menghadapi PAS?

 



Apa Saja Tips Mengerjakan PAS?


1. Mencatat dan mempelajari Kisi-kisi Materi

Kisi-kisi materi PAS dapat kamu catat agar kamu dapat lebih fokus saat belajar. Biasanya, guru akan memberikan kisi-kisi terkait materi apa saja yang akan diujikan saat PAS. Hal itu merupakan peluang agar kamu dapat mempelajari dengan lebih detail untuk materi yang diperkirakan akan ditanyakan pada saat ujian.

2.Menghindari Sistem Kebut Semalam

Sistem kebut semalam (SKS) merupakan cara belajar yang paling sering digunakan pelajar dan mahasiswa, dengan mempelajari semua materi sehari sebelum ujian. Menurut para peneliti dari University of CaliforniaLos Angeles dalam jurnal Child Development menjelaskan bahwa belajar dengan metode SKS dinilai tidak efektif karena dapat membuat kamu kelelahan dan tidak fokus dalam mengerjakan ujian. Jadi, kamu bisa mulai mempersiapkan waktu untuk belajar PAS mulai dari sekarang, agar materi yang diperlukan bisa terserap dengan maksimal. 

3.. Menanyakan Kepada Guru Terkait Materi yang Kurang Dipahami

Bertanya kepada guru pengampu mata pelajaran terkait dengan materi yang kurang dipahami merupakan hal yang sangat wajar. Kamu juga dapat memanfaatkan sesi bertanya saat di kelas. Menanyakan materi yang masih belum kamu pahami akan sangat membantu kamu untuk menguasai materi sehingga akan mendukung kesuksesan kamu dalam PAS.

4.Perbanyak Latihan Soal

Dalam persiapan menghadapi PAS, mempelajari materi pelajaran saja tidaklah cukup. Kamu juga perlu untuk berlatih mengerjakan soal-soal latihan secara terus menerus. 

Manfaat mengerjakan latihan soal, diantaranya:

  1. Mengingat kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari
  2. Mengukur sejauh mana kemampuan kita dalam pemahaman materi
  3. Terbiasa dengan bentuk soal yang beragam. Jadi, kalau ada materi yang belum kamu kuasai, kamu bisa bertanya dan berdiskusi dengan teman, saudara, atau gurumu. 
  4. Mengajukan pertanyaan jika menemukan kesulitan dalam mengerjakan soal. 

Semakin banyak latihan soal yang kamu kerjakan, maka variasi soal yang kamu kuasai juga semakin bervariasi. 

5. Hadapi dengan Enjoy dan santai

Mengerjakan soal ujian dan belajar secara tak henti henti atau mengerjakan soal dengan terburu buru,itu sangatlah tidak baik akan hasil yang kita dapatkan nanti ,jadi sobat harus menghadapi soal atau belajar nya dengan Enjoi dan santai.

6.Berdoa

Siapa nih yang masih maunya dapat hasil secara instan? Pasti banyak dari kita suka mencari hal-hal yang instan (langsung terlihat hasilnya), sehingga kita tidak bisa belajar dari proses yang ada dan sering lupa kalau untuk memulai segala sesuatu kita perlu berdoa. 


Nah, itu tadi 6 tips untuk menghadapi penilaian akhir semester (PAS). Jangan lupa menerapkan 5 tips di atas ya! Supaya belajarmu makin maksimal.