Tips Agar Jam Tangan Awet dan Tidak Mudah Rusak - Habibi Zaidan

Tips Agar Jam Tangan Awet dan Tidak Mudah Rusak

Tips Agar Jam Tangan Awet dan Tidak Mudah Rusak

Agar jam tangan tetap awet dan tahan lama, perawatan yang tepat diperlukan. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga agar jam tangan kamu tetap awet dan tidak mudah rusak:

1. Hindari Kontak dengan Air dan Cairan Lainnya

Salah satu cara terbaik untuk menjaga jam tangan tetap awet adalah dengan menghindari kontaknya dengan air dan cairan lainnya. Hindari memakai jam tangan saat berenang atau mandi, kecuali jika jam tangan tersebut dirancang secara khusus sebagai jam tangan tahan air. Selain itu, hindari menyemprotkan parfum atau bahan kimia langsung ke jam tangan, karena dapat merusak material atau menyebabkan korosi pada bagian logam.

2. Rutin Bersihkan Jam Tangan

Bersihkan jam tangan secara teratur untuk menghindari penumpukan kotoran dan minyak pada permukaannya. Gunakan kain lembut untuk membersihkan bagian luar jam tangan. 

3. Lindungi dari Guncangan dan Benturan

Lindungi jam tangan kamu dari guncangan dan benturan berlebihan. Hindari mengenakan jam tangan saat berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang berpotensi merusaknya.

4. Hindari Paparan Langsung ke Suhu Ekstrem

Paparan panas atau suhu ekstrem dapat merusak mekanisme dan baterai jam tangan. Jauhkan jam tangan dari paparan sinar matahari langsung, api, atau sumber panas lainnya. Suhu dingin juga bisa berdampak negatif pada jam tangan, terutama pada baterainya. 

5. Perawatan Baterai

Pastikan untuk mengganti baterai secara tepat waktu ketika tanda-tanda baterai lemah mulai muncul. Baterai yang bocor dapat merusak bagian dalam jam tangan. Apabila menggunakan baterai sistem charge, jika akan habis lebih baik segera di charge. Jangan dibiarkan tanpa daya dalam waktu lama.

6. Rawat Tali Jam Dari Kulit

Jika jam tangan kamu memiliki tali kulit, pastikan untuk menghindari kontak yang berlebihan dengan air, karena air dapat merusak dan membuat kulit menjadi rusak.

7. Servis Rutin

Lakukan servis rutin pada jam tangan kamu setiap beberapa tahun sekali, terutama untuk jam tangan mekanik. Dalam servis ini, mekanisme dalam jam tangan akan diperiksa, diolesi dengan pelumas khusus, dan bagian yang aus akan diganti jika diperlukan.

8. Simpan dengan Baik

Ketika tidak digunakan, simpanlah jam tangan di tempat yang aman dan kering. Gunakan kotak atau wadah penyimpanan yang sesuai untuk melindunginya dari debu dan kerusakan.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat memastikan jam tangan kesayangan tetap awet, berfungsi dengan baik dan tetap menjadi aksesori yang cantik. Perawatan yang tepat akan membantu memperpanjang masa pakai jam tangan dan membuatnya tetap tampak seperti baru selama bertahun-tahun.