Peredaran Darah Manusia - Habibi Zaidan

Peredaran Darah Manusia

Peredaran Darah Manusia

 


Manusia memiliki sistem peredaran darah untuk mengalirkan makanan, minuman, dan oksigen ke seluruh tubuh. Sistem ini dilakukan oleh organ peredaran darah manusia dan fungsinya masing-masing.

Fungsi darah bagi tubuh manusia:

1.Mengangkut zat makanan dari sistem pencernaan ke seluruh tubuh

2.Mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh

3.Mengangkut karbon dioksida dari seluruh tubuh ke paru-paru

4.Mengangkut hormon dari kelenjar hormon ke organ yang dituju

5.Mengangkut sia metabolisme tubuh ke ginjal

6.Menjaga daya tahan tubuh dengan melawan virus dan bakteri7.Memelihara suhu tubuh

8.Darah dapat mengangkut seluruh zat tersebut dan melakukan tugas lainnya karena mengalir dalam sistem peredaran darah. Sistem ini dibangun oleh dua organ, yaitu jantung dan pembuluh darah.


Organ Peredaran Darah Manusia


Darah mengalir di dalam pembuluh darah dan tidak pernah langsung masuk ke dalam jaringan tubuh.

Cara kerja organ peredaran darah manusia adalah ganda atau rangkap. Sebab, darah melewati jantung sebanyak dua kali setiap satu kali beredar ke seluruh tubuh.

Sistem peredaran darah ini kemudian terbagi menjadi sistem peredaran darah besar dan kecil.

Sistem peredaran darah besar adalah peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh, kecuali paru-paru. Urutan peredaran darah manusia pada sistem ini, yaitu dari bilik kiri jantung ke seluruh tubuh, lalu balik lagi dari seluruh tubuh ke serambi kanan jantung.

Sementara sistem peredaran darah kecil adalah peredaran darah dari jantung ke paru-paru dan kembali lagi ke jantung. Urutan peredaran darah pada sistem ini, yakni dari bilik kanan ke paru-paru, lalu balik lagi dari seluruh tubuh ke serambi kiri jantung.


1.Jantung


Jantung merupakan organ peredaran darah yang berfungsi mengedarkan darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Organ ini terletak di antara paru-paru kanan dan paru-paru kiri.


Umumnya, ukuran jantung manusia sebesar satu kepalan tangan atau memiliki berat berkisar 300 gram. Jantung memiliki empat bagian, terdiri dari.


-Serambi kanan: Serambi kanan berfungsi untuk menerima aliran darah balik dari seluruh tubuh ke jantung.

-Serambi kiri: Serambi kiri berfungsi untuk menerima aliran darah balik dari paru-paru.

-Bilik kanan: Bilik kanan berfungsi memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh.

-Bilik kiri: Bilik kiri berfungsi memompa darah dari jantung ke paru-paru.


2.Paru-Paru


Paru - paru merupakan organ peredaran darah yang berfungsi menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.

Umumnya, berat Paru-paru manusia dewasa  paru-paru kiri orang dewasa memiliki bobot sekitar 324-550 gram dan paru-paru kanan 375-600 gram.Paru-paru memiliki 2 bagian yaitu: kanan dan kiri.


3.Pembuluh Darah


Pembuluh darah ada di seluruh tubuh manusia. Ibaratnya, pembuluh darah seperti pipa yang menjadi tempat darah untuk mengalir dari jantung ke seluruh tubuh.

Pembuluh darah terbagi menjadi dua, yaitu arteri dan vena. Berikut penjelasan singkatnya.

Pembuluh nadi atau arteri:

Pembuluh darah nadi atau arteri adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah dari jantung. Pembuluh darah nadi memiliki dinding yang lebih tebal, kuat, dan elastik daripada pembuluh balik atau vena.


Dikarenakan, aliran pompa darah dari jantung cukup besar, sehingga pembuluh nadi harus bisa menahan tekanan darah pada awal peredaran darah.


Pembuluh balik atau vena:

Pembuluh balik atau vena adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah dari seluruh tubuh menuju jantung. Kebalikan dari pembuluh nadi, pembuluh vena lebih tipis karena hanya mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung.