Apa Itu Blogger ? - Habibi Zaidan

Apa Itu Blogger ?

Apa Itu Blogger ?



 

Blogger adalah layanan penerbitan blog yang menerima blog multi-pengguna dengan entri bertanda waktu. Ini dikembangkan oleh Pyra Labs, yang dibeli oleh Google pada tahun 2003. Blog-blog tersebut diselenggarakan oleh Google dan umumnya diakses dari subdomain "blogspot.com". Meskipun buatan google belum tentu Blog yang berdomain "Blogspot.com" aman untuk dijelajahi.


Cara Mengetahui Sebuah Web Aman atau Tidak

1. SSL website

SSL atau Secure Socket Layers adalah teknologi enkripsi yang membuat koneksi lebih aman antara server dan browser.SSL sekarang menjadi salah satu hal yang wajib ada pada setiap website.Google akan memberikan peringatan “Situs Tidak Aman” saat website tidak memiliki SSL.SSL juga menjadi salah satu ranking factor di Google, website yang aman akan diberikan peringkat lebih baik di SERP Google.Jadi, SSL menjadi salah satu ciri-ciri website dikatakan aman.


2. Cek di pencari Google

Selanjutnya, silahkan cek nama domain tersebut di mesin pencari, salah satunya Google.Jika alamat website tersebut muncul pada halaman pertama Google, website tersebut bisa dikatakan asli.Tetapi jika website yang Anda cari tidak ada di hasil pencarian Google, Anda perlu waspada karena ini salah satu ciri-ciri website berbahaya.


3. Cek di Transparencyreport Google

Google Transparencyreport merupakan layanan dari Google yang memeriksa miliaran URL website setiap hari.Tugasnya mencari website-website yang tidak aman, termasuk didalamnya website yang sudah disusupi malware berbahaya.Anda bisa mengecek dengan menuliskan alamat website pada kolom yang sudah disediakan, kemudian tinggal pilih “Cari.”

.



Nah hasilnya kira kira seperti diatas.


4. Cek URL website

Cek kembali dengan teliti URL website yang Anda kunjungi, kejahatan cybersquatting biasanya memanfaatkan kesalahan pengguna.Selain itu cek ekstensi domain yang digunakan, untuk di Indonesia kebanyakan menggunakan CO.ID, ID, dan COM.Alangkah baiknya para pemilik perusahaan memang membeli ekstensi domain lain untuk menghindari kejahatan.

5. Cek umur domain

Website tidak aman biasa menggunakan nama domain yang baru, tidak mungkin menggunakan nama domain yang sudah tua.Anda bisa mengecek umur domain tersebut dengan mudah dan cepat.Kami mencontohkan dengan menggunakan tools https://smallseotools.com/domain-age-checker/.Kemudian tulis nama domain, kemudian klik tombol “Check Domain Age”, kira-kira hasilnya akan seperti ini.







Semoga BermanfaatšŸ˜ƒ